7+ Tanda-Tanda (Ciri-Ciri) Awal Kehamilan Yang Pasti

Tahukah anda ketika mengalami gejala gejala yang sedikit aneh yang sedang anda alami, seperti mual mual dan terlambat haid. Dari kejadian tersebut pastinya anda bertanya Tanya apakah anda hamil atau sedang mengalami hal lain (tidak hamil). Bagi anda para wanita, pada dasarnya anda pasti sudah mengerti dan mencari tahu berbagai macam informasi kesehatan seputar kehamilan. Banyak hal yang bisa kita ketahui untuk ragam info tersebut, mulai dari konsultasi dokter atau medis bahkan ciri ciri umum wanita yang sedang mengandung.

Ketika anda sedang mencari tanda tanda awal kehamilan alangkah baiknya jika mempelajari berbagai macam ilmu medis dan hal lainnya agar peluang kehamilan yang anda dambakan pasti dan positif. Pada dasarnya kehamilan sangat mudah sekali di kenali dengan berbagai tanda dan ciri-ciri yang benar. Dalam ilmu kedokteran atau medis untuk mengenali anda hamil biasanya di tentukan pada minggu pertama ketika dimana anda sudah tidak mengalami haid atau menstruasi. Untuk lebih jelasnya tentang anda hamil atau tidak silahkan simak ulasan di bawah ini.

Ciri-Ciri Awal Masa Kehamilan 1 Minggu
Ciri-Ciri Awal Masa Kehamilan 1 Minggu

Ciri-Ciri Tanda Awal Kehamilan Trimester Pertama


Salah satu hal yang menggembirakan bagi anda pasangan suami istri yang akan memiliki buah hati, untuk itu diwajibkan bagi anda untuk mengetahui ciri-ciri umum awal kehamilan agar ketika anda mengalami beberapa hal yang tidak wajar bisa tahu bahwa hal tersebut adalah gejala anda sedang hamil. Beberapa contoh ciri-ciri hamil yang bisa anda pelajari seperti tanda tanda kehamilan setelah berhubungan, hamil 1 minggu, Kehamilan 1 bulan, sebelum telat haid, dan masa subur kehamilan. Dari beberapa hal tersebut cukup mudah kita ketahui, berikut ini bisa anda simak pertanda anda sedang hamil yang bisa dilihat dari ciri-ciri fisik.

1. Terjadinya pendarahan
Tanda kehamilan yang pertama bisa anda lihat dari terjadinya pendarahan yang terjadi karena sebuah proses menempelnya janin pada dinding rahim sehingga anda akan mengalami keluarnya bercak darah. Keluarnya darah dari dalam jumlahnya sangat sedikit, lebih sedikit dibandingan ketika anda sedang mengalami haid. Dalam kasus tersebut pastinya sangat mudah sekali di bedakan antara menstruasi atau hamil. Proses pendarahan tidak akan bertahan lama, hanya beberapa saat, dari ciri ciri tersebut biasanya anda sedang hamil satu minggu dan sudah dapat di pastikan.

2. Terjadinya kram pada perut
Kram pada perut sering terjadi pada wanita yang sedang hamil muda, proses kehamilan dengan tanda tersebut merupakan salah satu hal yang perlu anda perhatikan karena dapat di pastikan anda memang benar sedang hamil. Terjadinya kram serta rasa sakit pada perut merupakan sebuah proses terjadinya perlekatan dan penetrasi janin ke dinding rahim. Namun terjadinya kram tidak akan lama dan berturut turut, hanya dalam minggu awal. Namun apabila anda mengalami gejala kram pada perut yang terus menerus merupakan sebuah gejala janin anda tidak berkembang dengan baik dan sebaiknya anda memeriksakannya ke ahli kandungan.

3. Terjadinya perubahan pada payudara
Tanda orang hamil yang ketiga sangat mudah sekali kita ketahui, yaitu dari proses perubahan di bagian payudara wanita yang sangat sensitif jika di sentuh. Ketika dada di raba akan terasa lebih lembut serta lebih empuk. Selain itu ketika payudara anda tersentuh akan timbul rasa nyeri serta tidak nyaman rasanya. Selain itu ukuran pada payudara akan lebih besar dari pada sebelumnya serta akan timbul rasa gatal pada bagian bagian yang disebutkan tadi.

4. Tanda awal kehamilan terlambat haid
Ciri-ciri yang mudah diketahui apakah anda hamil atau tidak bisa disimpulkan dari terjadinya telat haid atau menstruasi. Bagi wanita yang sedang hamil atau mengandung mereka tidak akan pernah mengalami haid karena sel telur sudah di buahi serta ovarium tidak akan juga akan berhenti memproduksi sel telur baru selama masa kehamilan anda berlangsung.

5. Sering mengalami mual dan muntah
Secara umum awal kehamilan juga bisa di tandai dengan terjadinya sering mengalami mual dan muntah yang tidak wajar pada umumnya. Rasa mual dan muntah akan di alami orang hamil muda selama sepanjang hari. Kasus yang terjadi pada umunya, wanita yang sedang mengandung di awal minggu akan sering mual ketika pagi hari. Oleh sebab itu jika anda mengalami hal yang sama maka ciri-ciri tersebut merupakan tanda wanita hamil muda.

6. Sering mengalami buang air kecil
Tanda-tanda serta proses terjadinya kehamilan bisa kita lihat pada wanita yang sering buang air kecil. Hal tersebut disebabkan karena rahim membutuhkan ruang lebih luas lagi sehingga menyebabkan kandung kemih akan tertekan sehingga anda akan mengalami buang air kecil lebih sering lagi. Untuk anda para wanita dengan sering buang air kecil dan tidak wajar seperti biasanya maka anda dapat di pastikan sedang hamil muda dengan masa kehamilan sekitar satu minggu.

7. Terasa mudah lelah
Ciri-ciri hamil yang terakhir yaitu anda akan cepat lelah ketika melakukan aktifitas setiap harinya. Rasa mudah lelah tersebut bisa terjadi meskipun anda sedang menjalankan sebuah katifitas ringan. Perasaan anda serta energy anda akan menurun, tidak seperti pada umumnya. Untuk itu bagi wanita yang hamil muda sebaiknya menjaga kesehatan dan tidak sering melakukan banyak aktifitas agar kesehatan terjaga. Usahakan untuk tidak mengerjakan aktifitas yang berat agar anda tidak kelelahan karena dapat membahayakan diri serta anda bisa pinsan karena terlalu lelah.

Ada beberapa tanda awal wanita hamil selain diatas seperti kepala sering terasa pusing, anda akan lebih mudah mengantuk, sulit bab atau sembelit, suhu pada tubuh anda meningkat terutama ketika bangun tidur, sering mengalami perut kembung. Dari hal tadi juga dapat anda jadikan pedoman bahwa anda memang sedang hamil muda.

Tanda Awal Kehamilan Jika Dilihat Secara Medis


Alat Tes Kehamilan (TestPack)
Alat Tes Kehamilan (TestPack)

Cara mudah mengetahui awal kehamilan dengan pasti maupun tidak pasti secara manual dan medis sebenarnya tidak sulit. Namun kali ini kita bisa tahu apakah kita hamil atau tidak dengan cara medis yang sudah teruji kebenarannya. Pada jaman yang semakin modern kini banyak teknologi medis di kedokteran yang bisa mengetahui dengan mudah tetang kehamilan seseorang, bahkan usia kandungan juga terlihat dengan jelas. Dengan cara medis usia kandungan anda akan mudah diketahui, apakah berusia satu minggu, satu bulan bahkan kehamilan setelah berhubungan. Untuk lebih jelasnya simak di bawah ini.

1. Menggunakan alat test pack (alat tes kehamilan)
Alat untuk melihat kehamilan sudah banyak beredar dan dapat kita dapatkan di sekitar kita, salah satunya di apotek. Caranya cukup mudah yaitu dengan melakukan tes urin, anda sudah bisa mengtehaui kehamilan yang anda alami. Alat ini cukup akurat dan sudah teruji dengan baik serta sering di gunakan oleh banyak wanita. Ketika melakukan tes kehamilan dengan alat test pack sebaiknya anda melakukanya ketika pagi hari. Apabila anda memang benar benar positif hamil maka alat tersebut akan memberikan tanda 2 garis, namun jika anda negativ hamil maka alat tersebut akan terlihat 1 garis.

2. Melakukan pemeriksaan USG
Cara efektif untuk mengetahui apakah anda hamil atau tidak yaitu dengan menggunakan cara medis yaitu memeriksakan kandungan anda di USG. Cara tersebut sangat akurat dan lebih bagus hasilnya untuk mengetahui positif atau negativ pada kandungan. Dengan memanfaatkan teknologi medis USG anda bisa melihat apakah ada janin atau tidak di dalam kandungan anda.

Tips & Cara Menghitung Usia Kehamilan


Kalkulator Kehamilan - Alat Untuk Menhitung Usia Kehamilan
Kalkulator Kehamilan - Alat Untuk Menghitung Usia Kehamilan

Jika anda ingin mengetahui usia kandungan atau kehamilan, caranya cukup mudah dan aman. Bahkan jika anda hamil dengan usia 1 minggu atau 1 bulan juga bisa di ketahui secara manual maupun medis. Cara mudah mengetahui serta menghitung masa dan usia kehamilan yaitu dengan kalkulator masa subur. Cara ini juga cukup efektif jika anda lupa HPHT sehingga usia kehamilan anda bisa akurat. Dengan memakai kalkulator masa subur, berapa usia kandungan seseorang akan terlihat dan caranya juga tidak rumit. Dengan menggunakan sebuah aplikasi, anda cukup menggerakan mouse lalu memutar sebuah lingkaran yang sesuai dengan kondisi anda pada saat hamil. Nah setelah itu anda akan mengetahui dan mendapatkan data tentang usia kehamilan, kondisi pada janin serta kapan tanggal lahir anda anda. langkah langkah dalam menghitung usia kehamilan di atas dengan alat modern sangat simpel dan tidak rumit.

Penyebab Terjadinya Kehamilan Pada Wanita


Hal Yang Menyebabkan Wanita Hamil
Hal Yang Menyebabkan Wanita Hamil

Baca juga: Makanan sehat untuk ibu hamil

  • faktor yang menyebabkan kehamilan adalah hubungan intim yang dilakukan ketika wanita sedang pada masa subur, namun masa subur wanita cukup sulit untuk kita ketahui.
  • Dalam ilmu medis atau kedokteran terkadang sperma yang menempel di luar Ms V wanita masih hidup dan berenang menuju kedalam rahim dengan gesit sehingga terjadinya proses pembuahan telur dan menghasilkan janin. Bahkan sperma mampu menembus kain atau celana yang di kenakan wanita dan memungkinkan terjadinya kehamilan.
  • Kemampuan sperma dalam berenang cukup gesit ke dalam tubuh wanita meskipun ketika berhubungan intim posisi wanita berada di atas. Hal tersebutlah yang menyebabkan proses kehamilan pada wanita.
  • Caira bening sebelum keluarnya sperma pada pria juga mampu mengakibatkan kehamilan, hal tersebut di sebabkan karena ketika seorang pria di saat puncak organisme menahan terlalu lama dapat menimbulkan cairan semen bersatu dan bercampur dengan sperma sehingga cairan semen aktif dengan sperma.