Kenali Penyebab dan Gejala Kanker Payudara Sedini Mungkin

Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit kanker yang sangat menakutkan dan cukup ganas bagi seorang wanita. Hal tersebut disebabkan oleh sel kanker yang bisa tumbuh dengan cepat dan bisa menyerang jaringan payudara. Beberapa jaringan payudara yang dapat diserang sel kanker ini meliputi lobules atau penghasil air susu, saluran keluarnya air susu dan jaringan lemak. Penyebab umum munculnya kanker payudara yaitu gaya hidup yang tidak sehat, faktor lingkungan tidak bersih dan hormonal.

Ada beberapa faktor yang membuat seorang wanita bisa terjangkit kanker payudara, seperti keturunan (meskipun penyakit ini bukan warisan), usia diatas 50 tahun, sebelumnya pernah terjangkit kanker jenis tersebut. Dalam hal tersebut resiko terkena penyakit kanker darah cukup besar dan garus di waspadai. Bagi wanita yang yang mengidap kanker payudara, perkembangbiakan sel-sel pada payudara akan tidak setabil, dal sel-sel kanker tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Salah satu tanda gejala kanker payudara yaitu terdapat benjolan yang tidak wajar pada jaringan kulit payudara.

penyebab, gejala dan ciri-ciri kanker payudara

Ciri-Ciri Kanker Payudara


Bagi wanita yang memiliki resiko ataupun tidak, wajib untuk mengetahui atau mengenali ciri-ciri kanker payudara, meskipun masih stadium 1 (awal). Hal tersebut agar anda bisa waspada dan antisipasi serta tidak terlambat untuk mengobati penyakit tersebut. Simak berikut ini tanda-tanda kanker payudara yang harus di perhatikan.

1. Benjolan Di Sekitar Payudara
Jika terdapat bejolan di sekitar payudara, anda harus waspada. Hal tersebut merupakan salah satu ciri atau tanda awal kenker payudara dengan diagnose stadium awal. Berikut ini beberapa tanda benjolan yang merupakan tanda gejala kenker payudara, seperti benjolan terasa keras, tidak bergerak dan hanya ada satu benjolan, benjolan mengeluarkan cairan dan kulit payudara berlesung pipit, tidak terdapat benjolan yang sama pada payudara sebelah, terjadi penebalan payudara di bawah ketiak.

2. Ukuran dan Bentuk Payudara Berubah
Jika bentuk dan ukuran pada salah satu payudara tidak sama, merupakan salah satu tanda umum dari ciri ciri kanker payudara. Misalanya payudara sebelumnya besar menjadi kecil dan payudara sebelumnya mancung menjadi tengkulai.

3. Adanya Kerutan Di Sekitar Payudara
Gejala awal kanker payudara akan di alami oleh wanita dengan tanda kerutan di sekitar payudara dengan permukaan yang kasar dan spesifik serta warnanya hitam dan lungkupnya kecil.

4. Keluar Cairan Dari Puting
Salah satu gejala bahwa anda tekena kanker payudara yaitu keluarnya cairan dari puting yang sebabnya tidak jelas. Cairan tersebut berwarna putih dan bening serta agak kental. Namun bagi orang yang terjangkit kanker kronis stadium 3 dan 4 maka cairan tersebut berwarna coklat dan bisa berwarna merah darah.

5. Nyeri di Bagian Payudara
Jika anda merasakan nyeri pada bagian payudara yang tidak kunjung hilang di bagian yang sama, kemungkinan besar itu adalah gejala kanker payudara. Namun jika nyeri tersebut cepta hilang sesuai siklus gejala lainnya, anda tidka perlu khawatir karena bisa saj itu adalah gejala akibat menstruasi.

6. Payudara Bengkak dan Kemerahan
Terjadinya perubahan warna kulit dan timbul bengkak pada payudara, sebaiknya anda waspada dengan tanda tersebut. Anda bisa melihat dan mengamati kulit disektiar payudara, pada bagian atas, bawah atau samping dan jika disentuh terasa hangat serta tetap di daerah tersebut. Selain itu bengkak pada payudara terasa lunak.

7. Puting Masuk ke Dalam
Jika puting masuk kedalam susu dan menukik ke dalam sebaiknya anda waspadai karena bisa jadi gejala tersebur suatu ciri2 kanker payudara. Namun untuk memastikan anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk pengecekan lebih lanjut agar tidak terjadi suatu hal yang membahayakan kedepannya.

8. Gatal dan Bersisik
Timbulnya gatal di daerah sekitar payudara serta kulit payudara menjadi bersisik dan terasa sakit jika di kelupas merupakan stadium awal kanker payudara yang harus segera di tangani. Jika tanda-tanda tersebut anda alami, alangkah baiknya untuk memeriksakan gejala tersebut agar tidak semakin parah.

Faktor Penyebab Kanker Payudara


penyebab, gejala dan ciri-ciri kanker payudara

Beberapa faktor yang dapat memicu terjangkit kanker payudara cukup banyak, dari yang dapat di kendalikan hingga tidak dapat di kendalikan. Agar lebih jelas simak ulasan yang ada di bawah ini :

Faktor Yang Dapat Dikendalikan
Gaya hidup dan pola makan yang kurang baik merupakan salah satu faktor resiko terjangkit kanker payudara dan termasuk faktor yang dapat di kendalikan. Cara mencegah penyakit kanker payudara dengan faktor yang bisa kita kendalikan seperti :

1. Olahraga
Agar anda jauh dari penyakit kanker jenis lain selain kanker payudara, sebaiknya rutin berolahraga 30 dalam sehari. Dengan cara tersebut dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara. Selain itu manfaat lain dari olahraga yaitu dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

2. Makanan
Pola makanan yang tidak sehat sebaiknya anda hindari, hal tersebut dapat menyebabkan anda mudah terkena beragam penyakit. Untuk itu usahakan konsumsi sayur dan buah serta makanan dengan gizi yang baik dan hindari makanan yang tidak sehat.

3. Alkohol
Alkohol merupakan senyawa kimia yang sangat berbahaya bagi fungsi organ di dalam tubuh, hingga menyebabkan berbagai macam penyakit dan salah satunya kanker payudara. Mereka yang mengkonsumsi alkohol akan beresiko lebih besar terjangkit penyakit kanker tersebut.

4. Radiasi
Radiasi sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama gejala kanker payudara yang mematikan. Bahaya radiasi dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh, sehingga kemampuan untuk berkembang hilang dan akibatnya memicu serangan kanker.

5. Merokok
Bahaya merokok sudah banyak kita ketahui, selain memicu datanganya banyak penyakit juga menimbulkan anda terkena kanker payudara bagi wanita. Rokok memiliki kandungan kimia yang sangat banyak, oleh sebab itu sebisa mungkin hindari rokok.

6. Berat Badan
Kegemukan atau kelebihan berat badan sangat berbahaya dan dapat menimbulkan gejala kanker. Hal tersebut karena tubuh gemuk memiliki lemak yang banyak dan menumpuk sehingga resiko besar terhadap kanker payudara.

Faktor Yang Tidak Dapat Dikendalikan
Faktor bawaan sejak lahir merupakan faktor yang sulit untuk di kendalikan dan tidak dapat di ubah, oleh sebab itu resiko terkena kanker payudara sangat besar, misalnya :

1. Riwayat Keluarga
Bagi anda yang memiliki anggota keluarga dan pernah mengidap penyakit kanker payudara, anda akan beresiko 2 kali lipat menderita kanker payudara. Hal tersebut akan turun temurun ke generasi berikutnya.

2. Jenis Kelamin
Faktor resiko terkena kanker yaitu disebabkan oleh jenis kelamin, untuk kelamin wanita beresiko lebih besar di banding laki-laki. Hal tersebut dikarenakan wanita memiliki payudara yang bisa berkembang dari pada pria serta memiliki jaringan yang cukup banyak di dalamnya, sehingga resiko terkena kanker payudara tidak bisa dihindari.

3. Faktor Genetik
Faktor genetik merupakan salah satu pemicu kanker payudara, gen tersebut ialah BRCA1 dan BRCA2. Jika dari gen tersebut rusak maka dapat menyebabkan pertumbuhan sel tidak stabil dan memicu timbulnya sel kanker.

4. Faktor Usia
pada wanita yang berusia lanjut lebih dari 50 tahun akan beresiko besar terkena kanker payudara. Penderita kanker tersebut disebakan oleh fungsi organ tubuh tidak stabil dan sudah menurun serta kemampuan pengendalian sel juga tidak normal sehingga sel tumbuh pada tubuh tidak terkendali dengan baik dan menyebabkan penyakit kanker payudara.

5. Riwayat Hidup
Pada wanita yang dulunya pernah menderita penyakit kanker payudara pada bagian sebelah kanan atau kiri akan beresiko menjalar ke payudara yang belum terjangkit. Meskipun dulu pernah melakukan operasi dan sel kanker sudah di angkat, wanita tersebut masih tetap beresiko terserang kembali.

Pada dasarnya kanker di bedakan menjadi dua macam, yang pertama yaitu kanker jinak (tumor) dan kanker ganas (kanker yang sangat cepat menyebar). Yang di maskud dengan kanker jinak atau tumor adalah sebuah kumpulan sel hasil dari pembelahan abnormal pada sebuah jaringan menetap yang ada di dalam salah satu organ tubuh. Tumor termasuk jenis penyakit yang tidak ganas dan bisa dengan mudah di tangani melalui cara medis serta tidak berpindah tempat serta tidak menyebar.

Baca juga: Penyebab, kanker dan ciri-ciri serviks

Pengertian dari kanker ganas atau kanker payudara adalah sebuah sel yang hidup berkelompok dan tumbuh dengan tidak terkendali pada suatu jaringan serta dapat menyebar dan berpindah pada orang lain. penyebara sel kanker dapat melalui saluran darah serta menempel ke organ tubuh lainnya. Dalam dunia medis, proses menyebarnya sel kanker pada tubuh disebut juga dengan metastis. Sel kanker sangat sulit di obati meskipun sudah di angkat dari dalam tubuh karena bisa saja sel yang sudah menyebar dpaat hidup dan tumbuh kembali.

Cara Mendeteksi Kanker Payudara



penyebab, gejala dan ciri-ciri kanker payudara

1. Melakukan Pemeriksaan
Cara melakukan pemeriksaan payudara bisa anda lakukan sendiri dirumah. Berikut beberapa langkah yang bisa anda coba untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada payudara.
Ambil sebuah cermin lalu buka pakaian anda agar lebih mudah
Teliti dengan baik payudara anda, apakah ada perubahan fisik yang mencurigakan
Kemudian anda bisa mengangkat salah satu tangan anda
raba payudara tersebut dengan pelan pelan, apakah ada benjolan atau tidak
apabila anda menemukan sebuah benjolan yang tidak wajar sebaiknya segera melakukan pemeriksaan medis
2. Mammogram
Yang di maksud dengan mammogram adalah sebuah metode untuk memeriksa payudara dengan menggunakan sinar X, apakah benar di dalam payudara ada benjolan atau tidak. Alat tersebut hanya mampu mendeteksi benjolan saja dan untuk memastikan apakah itu sel kanker payudara atau bukan, anda bisa membawanya ke dokter yang ahli dalam kasus tersebut.

3. Ultrasound
Ultrasound (USG) merupakan sebuah metode untuk mendeteksi payudara agar bisa mengetahui adanya benjolan. Benjolan yang di dapat akan dilihat sebarapa besar ukurannya, jika berukuran besar maka harus berkonsultasi dengan dokter karena bejolan dengan ukuran besar dapat berpotensi menimbulkan kanker payudara.

Cara Mengobati Kanker Payudara


penyebab, gejala dan ciri-ciri kanker payudara

Banyak dari setiap wanita yang terkena kanker payudara mencari tahu tentang obat dan cara menyembuhkan kanker payudara. Namun jika di lihat dari gejala stadium awal atau tahap awal, mereka memiliki peluang besar untuk sembuh dengan langkah yang benar dan tepat dalam pengobatan. Oleh sebab itu anda harus rutin dalam menjalankan pemeriksaan agar lebih mudah mengetahui gejala pastinya.

Banyak cara untuk mengobati kanker yang sering di alami wanita ini, seperti operasi kanker payudara, radio terapi dan kemoterapi. Selain itu kanker payudara juga dapat di tangani dengan cara terapi hormon (biologis). Dengan cara-cara tersebut kemungkinan besar untuk sembuh dapat di capai asal anda mempunyai kemauan yang kuat untuk sembuh.

Sekian informasi kesehatan mengenai kanker payudara dan solusinya yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.