Kenali Penyebab, Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Serviks Sejak Dini

Perubahan pada tubuh seorang wanita terkadanga tampak normal, namun hal yang harus anda waspadai yaitu timbulnya suatu penyakit yang disertai dengan beberapa gejala dan tanda-tanda terntentu. Sering kali orang mengabaikan setiap perubahan pada tubuh yang tidak wajar, namun tahukah anda jika hal itu termasuk sebuah ciri-ciri penyakit berbahaya?. Kali ini klinikskesehatan akan mengulas seputar kesehatan wanita tentang penyebab dan gejala kanker serviks yang kerap kali di alami wanita.

Apa yang di maksud dengan kanker serviks? Dalam dunia kesehatan, kanker serviks adalah kanker yang terjadi dan timbul di di leher rahim wanita.Kanker tersebut berada di mulut rahim yang biasanya terjadi di bagian rahim paling bawah antara mis V dengan rahim.

Terkadang banyak dari mereka tidak mengetahui apa penyebab, gejala, tanda-tanda dan ciri-ciri serta cara mengobati penyakit stadium awal kanker serviks pada wanita. Pada umumnya jenis kanker tersebut muncul pada rahim dan menyebar ke organ sekitarnya dengan beberap gejala yang akan di alami oleh penderitanya. Untuk lebih lengkapnya, silakahkan simak ulasan yang ada di bawah ini.

ciri-ciri kanker serviks

Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Serviks Stadium Awal


1. Pendarahan
Trejadinya flek hitam atau pendarahan ringan namun pendarahan tersebut di luar jadwal mentruasi.Hal tersebut harus anda waspadai sedini mungkin karena bisa jadi disebabkan oleh gejala awal kanker serviks. Namun setiap pendarahan yang anda alami di luar haid juga bisa di sebabkan oleh hal lain, seperti kondisi tubuh yang kurang baik, stres, gejala keguguran kandungan, sering menggunakan alat kontrasepsi dan hal lain-lain.

2. Mentruasi Lebih Lama
Pada umumnya seorang wanita mengalami masa haid antara 5 sampai 7 hari.Namun jika masa mentruasi lebih lama, maka hal itu bisa disebabkan oleh rahim yang bermaslah, seperti adanya tumor, gangguan pada pembekuan darah serta tanda kanker serviks gejala awal.

3. Darah Menstruasi Keluar Lebih Banyak
Suatu tanda dan gejala kanker serviks biasanya di awali dengan keluarnya darah menstruasi yang lebih banyak dari pada umunya yang anda alami.Hal tersebut di sebabkan oleh adanya suatu perubahan pada lapisan rahim di dalam.Untuk lebih lanjut, anda bisa membawanya dokter untuk memastikannya.

4. Mudah Mengalami Pendarahan
Terjadinya perubahan pada mulut rahim (serviks) membuat jaringan rahim menjadi rapuh sehingga mudah berdarah. Oleh karena itu bagi orang yang mengalami penyakit kanker serviks akan sering mengalami pendarahan ketika bersentuhan. Jenis-jenis sentuhan yang di maksud ini seperti hubungan seksual, pemeriksaan yang memasukan alat pada jalan lahir seta douching.

5. Mengalami Nyeri Saat Berhubungan
Pada jaringan serviks yang mengalami gangguan, akan menimbulkan rasa sensitiv dan nyeri yang berlangsungan selama masa berhubungan. Hal tersebut karena kematian sel serta proses peradangan yang di akibatkan oleh kanker serviks sehingga akan terasa nyeri ketika bersentuhan.

6. Nyeri Pada Panggul
Apabila anda sering mengalami gejala nyeri di sekitar panggul, waspadai hal tersebut karena bisa jadi tanda awal kanker serviks. Anda akan merasa tidak nyaman karena nyeri tersebut, hal itu di sebabkan karena proses peradangan yang berlangsung pada leher rahim.

7. Pendarahan Setelah Haid
Salah satu faktor penyebab kanker serviks yaitu terjadinya pendarahan setelah masa menstruasi, padahal darah haid sudah tidak ada lagi. Wajib di curigai gejala tersebut karena biasanya setelah memasuki masa menopause, darah haid sudah berhenti.

8. Keputihan
Terjadinya keputihan yang tidak wajar seperti keluarnya cairan namun bukan darah. Cairan tersebut keluar melalui jalan lahir dan bentuknya seperti lendir-lendir yang bercamput dengan nanah. Selain itu bisa juga cairan yang keluar yaitu darah kotor.

9. Nafsu Makan Berkurang
Ciri kanker serviks biasanya di alami oleh wanita yang kehilangan nafsu makan, tanda-tanda tersebut juga di alami oleh penderita jenis penyakit kanker lainnya. Hal yang menyebabkan nafsu makan menghilang yaitu zat toksil yang di hasilkan sel kanker dan membuat selera makan berkurang.

10. Berat Badan Turun
Ciri umum penyakit kanker dan salah satu gejala kanker serviks yaitu berat badan menurun secara drastis sehingga lama-lama badan akan menjadi kurus. Bagi anda yang menderita dengan tanda sedemikian rupa lebih baik secepatnya untuk memeriksakan diri agar bisa langsung mengetahui gejala pastinya.

11. Lelah Berlebihan
Rasa lelah yang berlebihan serta kondisi tubuh yang lemah merupakan akibat dari zat-zat beracun yang berasal dari sel kanker sehingga menimbulkan kurangnya darah akibat  dari pendarahan yang sering terjadi.

12. Timbul Rasa Sakit Pada Punggung
Rasa sakit yang terjadi pada punggung merupakan salah satu akibat kanker, mereka akan merasakan rasa nyeri yang berlebihan bahkan tanpa alasan tertentu atau akibat cidera. Hal tersebut dikarenakan sel kanker sudah menyebar hingga tulang punggung dan akibatnya akan sering mengalami sakit punggung.

13. Nyeri dan Bengkak Pada Kaki
Terjadinya pembengkakan serta rasa nyeri pada kaki akan di alami oleh orang yang mengidap penyakit kanker serviks. Hal itu disebabkan oleh sel kanker menyebar dan menyerang kelenjar getah bening pada lipat paha sehingga aliran getah bening akan terhambat dan terjadilah nyeri dan bengkak pada kaki.

14. Cairan Urin Keluar Dari Jalan Lahir
Ciri-ciri umum kanker serviks yaitu keluarnya cairan urin atau disebut juga dengan feses melalui jalan lahir. Salah satu penyebabnya adalah sel kanker menyebar ke sekat antara jalan lahir dan feses pada bagian belakang. Namun jika sel kanker menyebar pada bagian depan maka kandung kemih akan menjadi korban sel kanker tersebut dan mengakibatkan sekat menjadi rapuh sehingga kandung kemih akan bocor dan akan keluar melalui jalan lahir.

15. Tulang Menjadi Rapuh
Gejala kanker serviks akan mengakibatkan taluang pada tubuh menjadi rapuh dan mudah sekali mengalami patah tulang. Penjalaran kanker akan menyebar hingga seluruh tulang dan membuat tulang cepat rapuh.

Kanker serviks kerap kali di derita oleh wanita yang aktif secara seksual, dari usia muda hingga dewasa bisa menderita gejala kanker tersebut. penyakit kanker serviks sangat berbahaya karena sel kanker yang tumbuh bisa berkembang biak dengan cepat dan tidak terkendali. Oleh sebab itu jika anda menderita gejala atau ciri-ciri dari penjelasan di atas sebaiknya anda waspada dan berhati hati, atau anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis agar segera diatasi. Kanker serviks mampu mengubah sel normal menjadi abnormal sehingga pada sel abnormal tadi dapat bertambah terus menerus dan menyebabkan timbulnya tumor. Sel kanker yang muncul sangat ganas, karena mampu menyerang jaringan tubuh lainnya.

Dari hasil penelitian, ada beberapa faktor yang membuat perempuan terjangkit kanker serviks. Salah satu faktor terbesar diakibatkan oleh virus HPV. Virus ini di akibatkan oleh hubungan seksual, dari hubungan seksual tersebut terjadi kontak langsung, salah satunya yaitu seks oral dan pertukaran cairan tubuh. Obat untuk menyembuhkan sel virus serviks hingga kini belum di ketahui. Jenis virus yang menyerang rahim wanita ini akan selalu berada di dalam tubuh. Namun dalam waktu dua tahun, virus tersebut akan hilang tanpa ada penanganan yang khusus. Untuk wanita yang mengidap jenis virus ini akan di tangani dengan pemberian vaksin HPV agar tidak menular karena virus tersebut dapat menyebabkan kanker serviks.

Tips Pencegahan Kanker Serviks


ciri-ciri kanker serviks

Cara mencegah kanker serviks cukup mudah di lakukan, meskipun belum di ketahui secara pasti namun kita bisa mengendalikan faktor dan gejala yang menyebabkannya. Berikut ini bisa anda simak ulasan tentang bagaimana cara untuk mencegah kanker serviks dengan tepat.

1. Screening
Screening atau disebut juga pap smear adalah suatu metode dan cara untuk memeriksa dan mengetahui kesehatan sel jaringan organ leher rahim pada wanita. Tes tersebut di lakukan dengan mengambil sel yang berasal dari rahim lalu di periksa secara mikroskopis. Dengan cara tersebut anda akan mengetahui apakah sel leher rahim terjadi kelainan atau tidak, karena jika sel pada leher rahim terjadi kelainan maka dapat beresiko tenjangkitnya kanker serviks.

2. Berat Badan Normal
Cara menghindari kanker serviks yaitu dengan menjaga berat badan agar tetap normal. Tips untuk menjaga berat badan yaitu dengan rutin berolahraga, konsumsi buah dan sayur dan gaya hidup sehat.

3. Jaga Hubungan Intim
Virus penyebab timbulnya kankers serviks salah satunya yaitu hubungan seks yang tidak aman. Untuk mencegah terjadinya kanker serviks sebaiknya anda menjaga atau melakukan hubungan intim denga aman atau tidak lebih dari satu pasangan.

4. Hindari Hamil Dibawah Umur
Dampak bahaya yang di akibatkan hamil di abwah umur yaitu dapat mengakibatkan kanker serta resiko jenis penyakit lainnya. Untuk itu anda bisa memulai masa kehamilan yang tepat yaitu pada usia 25 tahun keatas.

5. Hindari rokok
Rokok sangat buruk sekali terhadap kesehatan dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Pada wanita yang merokok akan memiliki resiko lebih besar dan lebih mudah terkena kanker serviks dan jenis kanker lainnya. Meskipun anda bukan perokok, namun sebaiknya hindari asap rokok karena pada asap rokok mengandung zat yang berbahaya dan dapat meningkatkan resiko gejala kanker.

Cara Mengobati Kanker Serviks


ciri-ciri kanker serviks

Pengobatan kanker serviks di lihat dari beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti jenis kanker, stadium kanker, usia wanita yang terjangkit kanker, keinginan yang kuat untuk memiliki anak dan jenis pengobatan. Cara pengobatan terbaik untuk menangani kanker serviks semua tergantung oleh penderitannya, bahkan dokter spesialis kanker akan memberikan berbagai solusi untuk pengobatan tersebut. penanganan penyakit kanker serviks akan di lakukan sesuai stadium penderita, apakah staduim tahap awal dengan cara operasi atau kanker serviks stadium akhir dengan cara radioterapi / bisa juga operasi.

Baca juga: Penyebab dan gejala kanker serviks

Dengan tahap-tahap yang di anjurkan oleh dokter seperti operasi pengangkatan sel kanker atau dengan radio terapi, kemungkinan sembuh sangat besar. Sebelum melakukan pengobatan pada penderita kanker serviks, anda akan di periksa mengenai seberapa parah anda terjangkit kanker. Ada banyak pertimbangan untuk penanganan medis kepada pasien demi keselamatan serta faktor-faktor lain. Agar lebih jelas dan detail tentang kanker yang anda derita, secepatnya konsultasi dengan dokter spesialis ahli kanker agar anda mendapat solusi yang tepat dan aman.

Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan mengenai kanker serviks, semoga bermanfaat.