15+ Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami (100% Cepat & Mudah)

Seiring berkembanganya zaman yang semakin modern membuat masalah kegemukan serta obesitas dan gaya hidup yang tidak baik menjadi trend dalam masyarakat. Padahal hal tersebut sangat merugikan kesehatan serta mengakibatkan berbagai gejala macam-macam penyakit. Salah satu masalah yang kerap di hadapai orang, dari pria dan wanita yaitu kegemukan. Kita tahu dimana sekarang banyak sekali orang yang memiliki badan gemuk akibat pola makan yang kurang baik, seperti makanan cepat saji, makanan mengandung lemak serta jenis makanan dan hal lainnya pemicu naiknya berat badan.

Untuk anda yang memiliki tubuh gemuk pastinya tidak enak rasannya, aktifitas dan pekerjaan bisa terhambat karena badan yang gemuk. Nah solusi tepat untuk mengatasinya yaitu menerapkan cara alami menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. Banyak sekali metode dalam menguruskan badan anda agar cepat langsing, tentunya aman serta baik untuk kesehatan.

Memiliki tubuh gemuk memang membuat kita kurang percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Selain itu anda akan terasa kurang semangat, berbeda dengan pria atau wanita yang memiliki badan langsing dan ramping, mereka akan lebih gesit serta memiliki semangat yang luar biasa ketika menjalankan semua aktifitas. Untuk itu pola hidup sehat harus anda terapkan agar anda tidak mengalami kegemukan serta berat badan ideal tetap terjaga dan anda juga akan terhindar dari berbagai masalah penyakit.

cara menurunkan berat badan

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat


1. Konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi
Memilihi makanan adalah hal yang wajib diterapkan untuk mendapatkan badan ideal yang anda dambakan. Perhatikan dengan baik beberapa menu makanan yang ada di piring, apakah sudah sehat dan bergizi. Untuk itu pilihlah makanan yang cukup memiliki kandungan karbohidrat, serat serta protein. Rasio yang tepat pada makanan harus anda terapkan agar usaha anda dalam menurunkan berat badan cepat tercapai. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayur pada menu makan anda.

2. Jadwal makan yang tepat
Ketika anda mengkonsumsi makanan sebaiknya menentukan sesuai jadwal waktu makan agar dapat menunjang keberhasilan dalam menerapakan cara melangsingkan badan. Oleh sebab itu buatlah jadwal makan diet sehat agar berat badan ideal tercapai dengan sempurna. Hindari kesalahan dalam memilih porsi makan atau jenis makanan yang akan anda konsumsi karena dapat memicu naiknya berat badan.

3. Pilihlah menu sarapan yang benar
Ketika pagi hari sebelum anda menjalankan aktifitas sebaiknya memilih menu makanan yang tepat dan benar untuk di konsumsi, seperti buah, sayuran serta oatmeal dan telur. Jenis makanan tersebut sangat efektif untuk menurunkan bedan dalam waktu singkat.

4. Perhatikan menu makan siang
Menu makan siang yang bisa anda konsumsi untuk mengeyangkan perut anda yaitu nasi, ayam, daging dan perotein. Namun anda juga harus memperhatikan porsi makan serta cara pengolahan yang tepat. Namun anda ingin merasa kenyang tanpa harus mengurangi porsi makanan, anda juga bisa mengkonsumsi sayur hijau dan buah-buahan ketika makan siang. Pilihlah jenis makan tersebut, menu makan mana yang anda inginkan. Untuk makanan yang di goreng, mengandung gula berlebih dan karobohidrat berlebih wajib anda hindari karena tidak baik untuk proses program diet.

5. Terapkan menu makan malam yang tepat
Saat malam tiba sebaiknya anda makan tiga jam sebelum tidur agar pencernaan dan proses metabolisme pada tubuh berjalan dengan baik sehingga proses penurunan berat badan lancar dan membawa hasil. Nah untuk cara diet alami di wajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki rendah kalori, seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu karbohidrat kompleks dan protein juga bisa anda jadikan menu makan malam, namun tetap dalam takaran yang tepat. Untuk makanan yang digoreng sebaiknya anda hindari.

6. Hindari makanan mengandung lemak


cara menurunkan berat badan dengan menghindari makanan berlemak

Resep menurunkan berat badan yang berikutnya yaitu menghindari makanan yang banyak mengandung lemak dan tinggi karbohidrat. Jenis makanan tersebut sangat tidak baik untuk rubuh dan dapat meningkatkan resiko kegemukan serta fungsi saluran cerna juga akan terhambat. Jika tubuh sering menerima asupan makanan tinggi lemak dan kerbohidrat tidak baik maka lemak di dalam tubuh juga akan bertambah banyak.

7. Memilih produk bahan makanan yang benar
Memilih jenis produk bahan makanan harus tepat dan benar, oleh karena itu cari makanan yang memiliki rendah lemak. Beberapa makanan kemasan seperti susu, tepung, gula dan jenis makanan lainnya memiliki label tentang kadar makanan tersebut, anda bisa mengeceknya. Hindari mengkonsumsi makanan secara berlebihan serta jangan pernah menambahkan mayones dan beberapa produk makanan lainnya kedalam menu makan anda.

8. Mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil
Ketika masa diet anda sedang berjalan sebaiknya untuk selalu menjaga batas makanan anda, usahakan untuk mengkonsumsi makanan dengan menggunakan piring kecil agar porsi makan anda mudah di batasi. Cara efektif untuk mengecilkan badan bisa anda terapkan dengan mengkonsumsi makanan 4-5 kali dalam satu hari dengan porsi kecil, namun perhatikan dengan baik jenis makanan yang anda konsumsi dan jangn berlebihan.

9. Kurangi makanan berkalori tinggi
Salah satu pemicu anda bisa kenyang yaitu jumlah makanan yang masuk pada tubuh, dalam hal tersebut kalori tidak ikut berberan aktif. Oleh karena itu sebaiknya anda kurang konsumsi kalori dan bergantilah mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan berat badan seperti buah dan sayur. Kandungan lemak baik dan karbohidrat kompleks yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran sangat baik terhadap keberhasilan diet.

Anda bisa memanfaatkan sayur dan buah sebagai pengganti jenis makanan lainnya, seperti mengganti roti bakar yang ada pada burger dengan salad, mengganti kuah sup dari bahan krim dengan menggunakan kaldu sayuran atau bisa juga menambahkan sayuran bayam dengan buah tomat pada hidangan anda.

10. Olahraga secara rutin


cara menurunkan berat badan dengan olahraga

Olahraga sangat ampuh dalam menurunkan berat badan, oleh sebab itu usahakan untuk selalu melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Anda bisa melakukan aktifitas olahraga 30 menit dalam sehari atau juga bisa 10 menit sekali namun sehari 3 kali. Beberapa olahraga yang bisa anda lakukan meliputi jalan kaki, naik turun tangga, jogging dan masih banyak lagi.

11. Aktif bergerak
Agar memiliki berat badan yang ideal usahakan untuk melakukan aktifitas fisik secara rutin. Bebrapa aktifitas fisik yang bisa anda terapakan seperti bersepeda, jalan kaki, renang dan olahraga ringan lainnya. Jenis olahraga tersebut sangat ampuh dalam menjaga berat badan.

12. Lakukan aktifitas fisik
Aktifitas fisik sangat bermanfaat terhadap kesehatan tubuh karena dapat memperlancar peredaran darah dan metabolisme tubuh berjalan baik. Tahukah anda jika sering melakukan aktifitas fisik dapat membuat anda cepat langsing secara alami?. Nah beberapa aktifitas yang bisa anda lakukan untuk memiliki berat bada ideal seperti hiking, berkebun jika ada liburan, berenang, basket dan aktif bergerak ketika kerja.

Setiap melakukan katifitas, tubuh akan membakar lemak dengan baik sehingga lemak di dalam tubuh akan berkurang. Sebagaimana yang kita tahu bahwa sekarang banyak sekali orang yang bermalas-malasan untuk sering aktif bergerak sehingga menimbulkan kegemukan pada tubuhnya, selain itu juga salah satu pemicu gejala setres yang sangat berakibat fatal terhadap naiknya berat badan.

13. Lakukan aktifitas peregangan otot
Otot di dalam tubuh yang sering mengalami peregangan serta aktif bekerja akan lebih efektif dan sempurna dalam membakar kalori. Jenis peregangan yang bisa anda terapkan seperti sit up, berenang, push up dan lainnya. Anda bisa melakukan peregangan otot tersebut satu kali dalam seminggu.

14. High Intensive Interval Training (HIIT)
HIIT adalah jenis olahraga dengan identitas tinggi pada waktu awal dan waktu istirahatnya lebih panjang. Misalnya anda melakukan 1 menit lari cepat dan 2 menit jalan santai, kemudian anda ulangai seperti itu hingga seterusnya. Metode olahraga HIIT bisa anda terapkan selama 30 menit secara rutin untuk mendapatkan berat badan ideal cepat langsing dalam waktu singkat. Jenis olahraga HIIT yang bisa anda lakukan seperti jalan cepat, lari dan berenang serta jenis olahraga lainnya.

15. Istirahat Tepat Waktu
Istirahat tepat waktu atau cukup istirahat merupakan salah satu kunci dan tips menurunkan berat badan dengan benar dan tepat. Dengan tidur yang cukup maka tubuh akan mengembalikan stamina yang hilang akibat dari aktifitas yang dikerjakan setiap harinya. Berat badan seseorang akan ideal dan terjaga jika kulaitas dan kuantitas tidur terpenuhi dengan baik. Selain itu ketika tubuh sedang istirahat atau tidur zat zat beracun serta sisa metabolisme pada tubuh akan kembali normal. Bahkan fungsi kerja organ tubuh akan di perbaiki dengan sempurna sehingga saluran cerna juga akan bersih dan kembali normal.


Cara Tradisional Ampuh Menurunkan Berat badan


Selain tips alami menurunkan berat badan seperti diatas, anda juga bisa menunjang keberhasilan diet dengan menggunakan cara tradisional yang sangat efektif membantu penurunan berat badan dengan cepat. Kombinasi menggunakan bahan-bahan tradisional dan alami sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping terhadap kesehatan. Untuk bahan-bahan alami cukup mudah kita temukan disekitar kita, apa saja bahan alami agar berat badan bisa turun?. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jeruk Nipis


cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis

Siapa yang gak kenal dengan jeruk nipis, salah satu buah yang sering kita temukan dan mudah kita dapatkan. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara alami.

  • Ambil 1 buah jeruk nipis, belah menjadi 2 bagian
  • Peras dan ambil airnya
  • Tuangkan air jeruk nipis pada gelas dan campur dengan air hangat
  • Tambahkan 1 Sdm madu dan aduk rata
  • Minum selagi hangat
  • Agar mendapatkan hasil yang maksimal konsumsi 2 kali sehari secara rutin

2. Beras Merah
Ketika kita menjalankan program diet sehat sebaiknya salah satu menu makanan pokok ini wajib menjadi menu setiap hari. Agar sukses dalam menurunkan berat badan, beras merah bisa anda jadikan pengganti nasi putih. Beras merah dapat memberikan rasa kenyang yang lama sehingga anda tidak akan mudah lapar. Beras merah juga sangat ampuh untuk kesehatan jantung serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Kayu Manis
Kayu manis merupakan penyedap makanan dan minuman dan salah satu jenis rempah-rempah yang mempunyai khasiat untuk menurunkan berat badan cepat dan alami, mengendalikan gula darah dan dapat menurunkan kolesterol pada tubuh.

  • ½ sendok makan kayu manis dan haluskan
  • Masukan kedalam 1 gulas yang berisi air hangat
  • Campurkan 1 Sdm madu lalu aduk rata
  • Konsumsi secara teratur setiap harinya karena salah satu minuman untuk menurunkan berat badan tersebut sangat ampuh dan sehat.


4. Teh hijau


cara menurunkan berat badan dengan teh hijau

Tips menurunkan berat badan dengan teh hijau sudah terbukti adanya, sangat cepat dan ampuh. Anda bisa membuat minuman teh hijau tanpa menggunakan gula lalu tingga menyeduhnya. Peran teh hijau pada tubuh yaitu dapat meluruhkan lemak tubuh dan mengaktifkan metabolisme serta mencegah gejala penyakit kanker.

5. Jahe
Manfaat jahe untuk kesehatan sangat besar dan salah satunya yaitu sebagai diet sehat alami dan cepat menurunkan berat badan. Anda bisa membuat minuman dengan jahe dan konsumsi selalu setiap malam sebelum anda tidur. Selain itu jahe juga dapat menyegarkan tubuh dan berkhasiat untuk membakar lemak serta dapat mengecilkan perut buncti secara alami.

6. Kunyit asam
Tips tradisional untuk menurunkan berat badan yaitu dengan meminum ramuan herbal kunyit asam. Biasanya kerap kali kita jumpai ramuan kunyit asam sering di jual orang sebagai jamu karena banyak memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak. Untuk melangsingkan badan dengan kunyit asa bisa anda lakukan sendiri pembuatan ramuan tersebut.

  • Siapkan 500 gram kunyit
  • 500 gram asam jawa
  • 2 liter air
  • 250 gram gula merah
  • 1/8 sendok teh garam dapur
  • Cuci kunyit, haluskan dan parut/blender
  • Saring dan ambil airnya
  • Masukan sari kunyit ke dalam panci yang berisi 2 liter air
  • Masukan gula merah, garam dapur, asam jawa
  • Aduk sampai rata dan biarkan hingga mendidih
  • Angkat dan dinginkan
  • Konsumsi secara teratur setiap harinya agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sempurna


7. Jinten Hitam


cara menurunkan berat badan dengan jinten hitam

Jinten hitam adalah salah satu bahan yang kerap kali di pakai untuk obat herbal dan banyak sekali manfaatnya, salah satunya yaitu untuk menurunkan berat badan. khasiat jinten hitam untuk tubuh yaitu dapat menurunkan kolesterol jahat sehingga bagi anda yang menjalankan program diet melangsingkan badan sangat cocok untuk mengkonsumsi jinten hitam.

  • Siapkan 3 gram jinten hitam
  • Haluskan dan tuang ke 1 gelas bercampur air hangat
  • Tambahkan 1 Sdm madu, aduk sampai rata
  • Minum ramuan tersebut agar berat badan cepat turun menjadi ideal

Dari bahan-bahan alami yang telah disebutkan diatas sangat terbukti ampuh dalam menurunkan berat badan. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan selama menjalankan diet supaya dapat menunjang keberhasilan, diantaranya :

1. Sering bergerak dan melakukan aktififtas fisik lainnya agar dapat membantu tubuh membakar kalori dan lemak, lakukan aktifitas fisik 30 menit setiap harinya.

2. Hindari begadang agar tidur anda tepat pada waktunya serta usahakan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta organ di dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik.

3. Hindari mengkonsumsi makanan sebelum tidur, anda boleh makan 3 jam sebelum tidur agar kinerja tubuh tidak terbebani dalam mencerna makanan.

4. Hindari mengkonsumsi alkohol, kafein dan nikotin karena tidak baik untuk kesehatan dan dapat mempengaruhi naiknya berat badan.

5. Apabila anda susah tidur ketika malam hari sebaiknya berjemur di bawah terik matahari ketika pagi selama 30 menit. Dengan cara tersebut gangguan susah tidur akan teratasi dan bermanfaat juga bagi kesehatan serta proses penurunan berat badan akan lebih cepat tercapai.

Dari ulasan diatas wajib anda terapkan agar bisa menghasilkan berat badan ideal sesuai yang anda dambakan. Cara menurunkan berat badan secara alami bisa anda peroleh dengan rutin dan disiplin dalam menjalankan prosedur yang telah di diberikan. Hindari cara instan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga berpengaruh buruk terhadap berat badan.