18+ Ciri-Ciri Gejala Penyakit Jantung & Solusinya

Penyakit jantung adalah salah satu dari jutaan penyakit yang tergolong kelas berbahaya. Namun dalam dunia medis, penyakit jantung memiliki beberapa tingkatan. Hampir di seluruh dunia, banyak sekali orang yang mengidap jenis penyakit ini dan tergolong salah satu penyakit yang mematikan. Pada dasarnya penyakit jantung disebabkan oleh sel sel jantung yang sudah mati sehingga dapat mengakibatkan pasokan darah ke jantung menjadi terhenti, selain itu penyebab lain juga dapat di akibatkan oleh penyumbatan pembulu darah. Dalam beberapa kasus yang sudah terjadi, sepanjang tahun penyakit jantung sudah banyak memakan korban.

Gejala Terserang Penyakit Jantung
Gejala Terserang Penyakit Jantung

Ciri Umum Gejala Awal Penyakit Jantung


Penyakit jantung memang salah satu jenis penyakit mematikan dan paling tertinggi di dunia yang mengalaminya, namun semua itu bisa terjadi tidak hanya karena dari factor kelahiran. Banyak hal yang memicu penyebab terjadinya seseorang mengalami penyakit jantung, di bawah ini bisa anda simak gejala-gejala yang menyebabkan seseorang menderita sakit jantung.

1. Gaya Hidup & Pola Hidup
Seseorang bisa menderita penyakit jantung karena factor gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan buruk yang sering di lakukan dan tidak pernah menjalani aturan kesehatan yang berlaku. Untuk itu anda bisa merubah gaya hidup anda mulai dari olahraga, makan sehat dan teratur, istirahat cukup, menjalani diet sehat alami dan menghindari alcohol serta narkoba.

2. Merokok
Pada dasarnya rokok sangat tidak bagus untuk kesehatan karena banyak sekali kandungan negativ pada asap rokok yang dapat memicu terjadinya serangan jantung. Kandungan nikotin dan karbon monoksida pada rokok dapat mengakibatkan munculnya gumpalan darah, selain itu jantung juga akan bekerja lebih cepat dari pada umumnya sehingga jantung akan terbebani. Untuk itu sebaiknya hindari rokok sejauh mungkin karena rokok merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

3. Kolesterol Tinggi
Kelebihan kolesterol pada tubuh merupakan salah satu gejala dan penyebab sakit jantung. Hal yang cukup berbahaya jika tubuh kita kelebihan kolesterol jahat, oleh sebab itu gaya hidup sehat harus anda terapkan. Hindari makanan yang mengandung kolesterol jahat karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.

4. Hipertensi
Tahukah anda apa itu hipertensi? Ya salah satu penyakit yang banyak di derita orang. Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang harus di waspadai karena dapat memicu terjadinya sakit jantung. Jika seseorang mengalami penyakit darah tinggi maka kesehatan jantung juga akan terganggu sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih berat serta pembulu darah juga tidak normal. Untuk itu anda harus bisa menghindari makanan atau minuman yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit hipertensi.

5. Obesitas
Obesitas adalah salah satu penyakit kelebihan berat badan kerap kali di derita orang. Biasanya penyakit ini terjadi karena factor pola hidup, seperti makanan atau berkurangnya aktifitas. Obesitas sangat rentan terhadap penyakit jantung karena pada badan yang gemuk memiliki potensi besar mengidap tekanan darh tinggi, diabetes, kolesterol yang memicu terjadinya penyakit jantung.

6. Diabetes
Diabetes atau disebut juga dengan kencing manis juga beresiko terhadap timbulnya penyakit jantung. Hal tersebut di sebabkan karena penyakit diabetes bisa menimbulkan  penebalan pada dinding pembulu darah dan aliran darah akan terhambat sehingga penyakit jantung bisa terjadi kapanpun.

7. Faktor Usia
Resiko penyakit jantung kerap kali menghampiri orang yang sudah berusia lanjut. Factor usia memang berberap penting terhadap kesehatan karena pada usia yang sudah tua banyak sekali mengalami penurunan fisik tubuh sehingga dapat menimbulkan berbagaimacam penyakit dan salah satunya yaitu penyakit jantung.

8. Faktor Keturunan
Bagi keluarga yang pernah megalami penyakit jantung akan lebih besar resikonya mengidap penyakit tersebut di banding dengan keluarga yang tidak mengidap penyakit jantung. Hal tersebut bisa terjadi karena factor keturunan dari lahir.


Ciri-Ciri Penyakit Jantung? Harus Diwaspadai


Ciri-Ciri Sakit Jantung
Ciri-Ciri Sakit Jantung

Terjadinya penyumbatan pada pembuluh koroner besar dan dada akan terasa sakit yang cukup terasa, namun penyumbatan tersebut hanya sementara saja. Selain itu penyumbatan juga akan terjadi pada pembulu koroner kecil yang di kabitkan karena kolesterol atau diabetes sehingga menyebabkan pembulu darah akan menjadi kaku. Dalam dunia kesehatan, hal tersebut merupakan gejala awal dan ciri-ciri anda menderita penyakit jantung.

Dari banyak kasus yang terjadi kenapa banyak sekali orang yang mengalami penyakit jantung yang sangat berbahaya ini? Hal tersebut di karenakan gaya hidup yang tidak baik, sering mengkonsumsi makanan yang membahayakan kesehatan atau tidak sehat, jam istirahat tidak teratur, malas untuk berolahraga serta konsumsi alkohol dan merokok yang sangat merugikan.

Gejala penyakit jantung kerap kali di di derita oleh pria namun wanita juga memiliki resiko tinggi dalam menderita penyakit jantung. Ciri umum wanita yang menderita penyakit jantung biasanya mereka akan cepat terasa lelah, tubuh menjadi lemas. Untuk itu selalu jaga kesehatan dengan gaya hidup sehat agar anda jauh dari gejala sakit jantung.

Berikut ini beberapa tanda-tanda penyakit jantung yang harus anda waspadai mekipun usia anda masih muda.

1. Nyeri Pada Dada
Rasa nyeri pada dada dapat disebabkan oleh otot dan jantung yang tidak mendapat suplai oksigen serta darah yang cukup. Rasa sakit tersebut seperti jantung di remas remas, untuk itu anda harus waspada jika mengalami hal yang sedemikian rupa.

2. Telapak Tangan Berkeringat
Jika anda sering megalami telapak tangan berkeringat meskipun anda tidak menjalankan aktifitas atau kegiatan maka dapat di pastikan anda menderita penyakit jantung dan harus di waspai.

3. Lelah Yang Berlebih
Indikasi awal seseorang menderita sakit jantung yaitu akan merasa lelah berlebihan meskipun anda tidak menjalankan katifitas berat.

4. Jantung Berdebar-Debar
Jika jantung sering berdebar kencang meskipun dalam kondisi diam dan tidak melakukan kegiatan lain hl itu merupakan ciri-ciri umum anda menderita penyakit jantung.

5. Sesak Nafas
Penyakit jantung memiliki ciri khusus seperti sesak nafas yang di akibatkan oleh otot jantung dalam kondisi tidak normal  sehingga berdampak ke paru-paru dan menyebabkan seseorang mengalami sesak nafas.

6. Selalu Gelisah
Rasa gelisah atau cemas merupakan salah satu ciri2 penyakit jantung yang kerap kali menghampiri para penderitanya, solusi terbaik agar tidak selalu cemas yaitu menenangkan diri agar kinerja jantung tetap tenang dan tidak terganggu.

7. Nafsu Makan Menurun
Bagi para penderita jantung, nafsu makan kurang baik atau menurun merupakan salah satu indikasi penyakit jantung serta diserta rasa mual dan sering muntah muntah.

8. Sakit Kepala
Penderita penyakit jantung akan sering mengalami sakit kepala yang berlebihan pada awal gejala sakit jantung. Hal tersebut di sebabkan oleh darah yang mengalir ke otak tidak normal dan mengalami gangguan.

9. Rasa Sakit Pada Bagian Tubuh
Penderita jantung akan mengalami sakit pada bagian tubuh terntentu, hal ini bisa di sebabkan karena tersumbatnya aliran darah yang menuju bagian tubuh tersebut.

10. Terjadi Bengkak Pada Bagian Tubuh
Waspadai jika anda mengalami bengkak tanpa sebab pada bagian tubuh anda, karena apabila bagian tubuh membengkak tanpa sebab itu adalah tanda penyakit jantung.

Dari beberapa keterangan di atas bisa di simpulkan bahwa kesehatan harus kita jaga dengan baik dan benar, gaya hidup sehat harus di terapkan agar kita tidak mengalami hal yang sedemikian rupa. Apabila mengalami gejala gejala aneh sebaiknya konsultasi pada ahli kesehatan agar mengerti apa yang terjadi. Selain tanda-tanda tentang penyakit jantung, ada juga cara dan solusi terbaik dalam mencegahnya, silahkan simak ulasannya di bawah ini.


Cara Mencegah & Mengatasi Penyakit Jantung


Tips & Cara Mengatasi Penyakit Jantung
Tips & Cara Mengatasi Penyakit Jantung

Solusi menangani penyakit jantung memang tidak mudah namun semuanya bisa di atasi dengan pencegahan agar kesehatan terjaga dan hidup kita jauh dari penyakit jantung. Banyak sekali cara yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari hari untuk mencegah penyakit jantung, selengkapnya simak di bawah ini.

1. Pola Makan Sehat
Hindari makan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi seperti seafood karena membahayakan jantung. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang di rebus, di panggang dan di rebus karena lebih sehat dan kurangi jenis makanan yang di goreng. Konsumsi makanan yang rendah lemak seperti susu, keju dan mentega. Hindari makanan gula tinggi serta kurangi karbohidrat. Dari makanan tersebut sangat baik untuk menjaga jantung tetap sehat dan prima.

2. Hindari Rokok
Bagi anda yang mempunyai kebiasaan merokok sebaiknya anda berhenti dari sekarang dan jauhi asap rokok karena tidak baik untuk kesehatan jantung.

3. Hindari Stress
Banyak sekali orang yang mengalami stress, terutama di lingkungan kota. Stress yang terjadi di akibatkab karena kesbukan dalam pekerjaan serta kemacetan yang begitu parah. Stress termasuk salah satu gejala penyebab penyakit jantung yang harus dihindari. Oleh sebab itu anda harus sering melakukan hal-hal yang bisa menghidari stress.

4. Olahraga Secara Teratur
Olahraga tentunya sangat penting bagi kesehatan, selain dapat mencegah penyakit jantung, olahraga juga baik terhadap kesehatan tubuh lainnya. Banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan dimanapun anda berada, seperti jalan kaki, jogging dan masih banyak lagi.

Obat Herbal Penyakit Jantung
Cara mengobati penyakit jantung sebenarnya banyak sekali caranya, sala satunya dengan menggunakan bahan alami tanpa obat obatan. Solusi terbaik dalam menanggulangi penderita penyakit jantung yaitu dengan berolahraga setiap pagi seperti jalan-jalan pagi selama 30 menit, mengkonsumsi kacang-kacangan yang sangat baik untuk otot dan kesehatan jantung, konsumsi saos tomat, konsumsi buah trawberry, konsumsi buah sukun lalu yang terakhir konsumsi kunyit. Dari beberapa contoh jenis makanan alami di atas mampu mengatasi dan mengobati penderita penyakit jantung.

Macam-macam jenis penyakit jantung yang harus anda ketahui
Sebenarnya banyak sekali jenis penyakit jantung, mulai dari yang mematikan sampai yang ringan. Untuk anda yang menderita penyakit jantung, wajib mengetahui jenis penyakit jantung apa yang anda derita. Berikut ini macam-macam penyakit jantung menurut ahli kesehatan.

1. Penyakit Jantung Koroner
2. Imfark Miokard Akut (kerusakan serta matinya otot jantung)
3. Kelainan Katup Jantung
4. Penyakit Jantung Rematik
5. Penyakit Jantung Bawaan
6. Penyakit Serebrovaskular
7. Fibrilasi Atrial (ritme listrik jantung)
8. Gagal Jantung
9. Kardio Miopatri (Lemahnya serta membesarnya otot jantung)

Demikian ulasan dari sumber informasi kesehatan terpecaya seputar penyakit jantung serta tanda dan ciri ciri awal gejala penyebabnya.