13+ Cara Ampuh Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

Cara memutihkan gigi dengan cepat, ampuh dan alami – Berbagai faktor penyebab gigi menjadi kuning yang kerap kali di alami banyak orang dari anak-anak, hingga orang dewasa. Oleh sebab itu kesehatan serta kebersihan gigi harus dirawat dan di jaga sejak sedini mungkin. Pada kesempayan kali ini saya akan mengulas bagaimana tips dan cara memutihkan gigi dengan cepat, mudah dan alami serta terbukti ampuh.

Cara memutihkan gigi secara alami dengan cepat dan mudah dapat kita lakukan dengan berbagai metode terutama menggunakan bahn bahan herbal yang mudah kita temukan di sekitar kita. Namun sebelum kita mulai mengulas lebih dalam anda harus tahu berbagai faktor yang menyebabkan gigi menjadi tidak sehat dan kuning seperti pola hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak baik. Hal tersebut harus kita hindari dan memulai dengan gaya hidup sehat agar gigi menjadi putih dan tetap sehat.

Beberapa tips dan cara ampuh memutihkan gigi di bawah ini cukup mudah dalam menerapkannya. Selain itu banyak orang yang sudah membuktikan metode tersebut, jadi anda bisa mencobanya dirumah. Memiliki gigi yang kurang sehat atau terbilang kotor dan menjadi kuning pastinya akan membuat anda tampil tidak percaya diri. Selain itu berbagi kesan negative akan anda alami karena kesehatan gigi anda tidak di rawat dengan baik. Untuk cara cepat memutihkan gigi bisa anda simak ulasannya di bawah ini.


Cara Memutihkan Gigi Secara Alami


1. Garam dan Lemon
Cara memutihkan gigi dengan garam dan lemon merupakan suatu perpaduan bahan yang efektif untuk menghilangkan kusam dan kuning pada gigi anda. Kandungan yang terdapat pada garam mampu mengikis noda pada gigi. Lainnya halnya dengan lemon, manfaatnya juga sangat banyak selain untuk mencerahkan gigi kuning, juga dapat memutihkan wajah secara alami. Kandungan asam pada lemon bermanfaat untuk melunturkan noda yang terdapat pada lapisan enamel di gigi.

Tips menggunakan garam dan lemon untuk memutihkan gigi sebagai berikut:

  • Siapkan garam satu sendok teh lalu beri beberapa tetes air lemon
  • Setelha tercampur rata, gosokan pada gigi hingga merata dan diamkan untuk beberapa menit
  • Kemudian anda bisa berkumur dengan air hangat untuk membersihkan sisa sia noda 
  • Cara efektif memutihkan gigi dengan lemon juga bisa anda lakukan dengan menggunakan kulit lemon lalu gosokan pada gigi secara langsung dan diamkan beberapa menit lalu kumur dengan air supaya bersih.
  • Anda bisa melakukan metode di atas selama dua kali dalam seminggu untuk hasil yang baik dan cepat.


2. Baking Soda
Cara memutihkan gigi secara alami dengan baking soda kini cukup populer di kalangan masyarakat. Untuk cara pemakaian baking soda tidak boleh terlalu banyak karena dapat membuat gigi menjadi rusak. Oleh sebab itu aturan dalam menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi kuning agar menjadi putih yaitu dengan mengaplikasikannya 1 bulan sekali.

Tips memakai baking soda untuk mencerahkan gigi yaitu dengan mengambil dua sendok makan baking soda lalu campurkan dengan air sebanyak satu sendok. Kemudian oleskan campuran tersebut ke gigi anda secara merata dan diamkan untuk beberapa menit. Setelah itu anda bisa berkumur dengan air hangat agar gigi anda bersih dan putih alami.

3. Kulit Jeruk


Ternyata kulit jeruk menyimpan banyak sekali manfaat yang tidak terduga dan salah satunya adalah mampu memutihkan gigi kuning dengan cepat dan permanen. Di kalangan umum banyak orang menganggap kulit jeruk sebagai sampah yang tidak berguna, namun riset telah membuktikan nahwa kulit jeruk dapat anda jadikan bahan alami untuk membuat gigi anda putih bersinar.
Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk cukup mudah, bahan alami ini sangat ampuh untuk membuat gigi anda bersinar kembali, berikut tips dan ulasannya:

  • Ambil kulit jeruk secukupnya lalu keringkan
  • Kemudian blender kulit jeruk hingga halus dan buatlah pasta
  • Cara membuat pasta kulit jeruk yaitu dengan mencampurkan kulit jeruk dan air secukupnya
  • Setelah tercampur rata baru oleskan pada gigi
  • Diamkan hingga beberapa menit aga hasilnya nanti memuaskan
  • Kemudian berkumurlah dengan air hangat agar gigi anda bersih
  • Untuk hasil yang maksimal, anda bisa melakukan cara di atas sebanyak dua kali dalam seminggu


4. Baking Soda dan Jus Lemon
Cara alami memutihkan gigi kuning dengan baking soda dan jus lemon sudah terbuki ampuh dan mampu membuat gigi menjadi putih berkilau. Baking soda sangat ampuh dalam mengatasi noda kuning yang terdapat di permukaan gigi. Untuk mengaplikasikan kedua bahan di atas sangat mudah dan bisa di terapkan kapan saja.

Selain jus lemon, hedrogen peroksida dan strawberry juga dapat anda jadikan komposisi bahan dengan baking soda untuk memutihkan gigi. Kita tahu bahwa serbuk baking soda sangat ampuh dalam mengikis warna kuning yang terdapat pada lapisan enamel gigi serta sangat cepat dalam proses mengembalikan gigi menjadi lebih putih. Tips dan cara menggunakan baking soda dan jus lemon untuk memutihkan gigi seperti di bawah ini:
  • Siapkan beking soda dan ambil beberapa sendok the, secukupnya saja
  • Tambhakan jus lemon, jangan terlalu banyak
  • Aduk hingga rata campuran jus lemon dan baking soda hingga berupa pasta
  • Buatlah pasta untuk menggosok gigi anda
  • Gosok gigi hingga merata, lalu kumur hingga bersih


5. Cuka Sari Apel


Cara ampuh memutihkan gigi dengan sari apel sangat terbukti cepat dan alami serta membuat gigi menjadi cerah berkilau permanen. Manfaat cuka sari apel sudah teruji dari dulu hingga sekarang dalam menghilangkan noda membekas pada gigi. Bahkan sisa kafein dan nikotin yang bterdapat pada gigi akan hilang apabila terkena cuka sari apel.

Cuka sari apel merupakan dari buah apel yang di fermentasi dan terbilang sangat alami serta baik untuk urusan memutihkan gigi. Bahkan sisa makanan atau minuman yang pada kahirnya menimbulkan bakteri yang menempel pada gigi akan hilang apabila kita berkumur menggunakan cuka sari apel. Tips menggunakan cuka sari apel untuk memutihkan gigi sebagai berikut:

  • Ambil dua sendok cuka sari apel lalu larutkan pada setengah gelas air mineral
  • Gunakan larutan tersebut untuk berkumur hingga habis
  • Setelah itu anda bisa menggosok gigi agar mulut anda kembali netral setelah berkumur dengan cuka sari apel tadi.


6. Siwak
Cara memutihkan gigi dengan siwak sudah tidak asing labi bagi kita. Dari jaman dahulu hingga sekarang. Siwak terbukti ampuh dan efektif untuk membuat gigi menjadi bersih dan putih secara alami. Siwak merupakan sebuah pohon yang bermanfaat untuk menjaga kebersihan gigi.

Siwak di gunakan sudah lama ketika jaman peradaban mesir kuno untuk membersihkan dan menghilangkan noda gigi. Bahkan bagi umat islam sudah tidak asing dengan siwak karena nabi Muhammad SAW selalu menggunakan siwak untuk membersihkan giginya. Siwak sendiri harus memiliki tekstur yang halus dan lembut untuk membersihkan gigi, biasanya terdapat pada batang dan akar. Berikut tips membersihkan serta memutihkan gigi dengan bersiwak:

  • Siapkan siwak yang memiliki tekstur lembut, bisa dari akar atau batang
  • Haluskan siwak hingga menjadi bubuk
  • Setelah lembut menjadi bubuk, campurkan siwak dengan sedikit air
  • Setelah menjadi pasta, kemudian oleskan pasta siwak tadi pada gigi
  • Biarkan hingga lima menit lalu berkumurlah hingga bersih
  • Untuk mendapatkan hasil yang baik dan maksimal, lakukan cara ini dua kali seminggu


7. Strawberry


Strawberry merupakan buah yang kaya vitamin C dan asam ellagic untuk berbagai manfaat, salah satunya yaitu sebagai bahan pemutih gigi alami. Banyak sekali orang-orang di Negara lain yang memanfaatkan buah strawberry untuk memutihkan gigi.

Cara memutihkan gigi dengan strawberry sangat mudah dan terbilang ampuh dan cepat. Efek gigi putih yang di timbulkan dari strawberry sudah tidak di ragukan lagi, bahkan hanya dengan mengkonsumsi atau mengunyahnya gigi anda akan putih alami. Tips mudah memutihkan gigi dengan strawberry:

  • Tips pertama yaitu anda dapat menggosokan langsung buah strawberry pada gigi dan biarkan beberap saat setelah itu kumurlah dengan air hangat agar hasilnya sempurna.
  • Tips kedua yaitu haluskan buah strawberry kemudian campurkan pada satu sendok teha baking soda
  • Setelah tercampur rata anda bisa mengoleskan pasta strawberry pada gigi hingga rata
  • Kemudia biarkan hingga beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat
  • Untuk hasil yang maksimal anda bisa melakukan cara di atas dua kali dalam seminggu


8. Minyak kelapa
Manfaat minyak kelapa jarang di ketahui oleh orang. Bayangkan kita tidak tahu jika minyak kelapa bermanfaat untuk menvegah plak gigi serta ampuh dalam memutihkan gigi serta bersih dan berkilau.

Minyak kelapa kaya akan minyak nabati yang memiliki jenis lemak baik dan banyak manfaatnya. Cara memutihkan gigi dengan minyak kelapa cukup mudah, berikut ulasannya:


  • Ambil satu sendok makan minyak kelapa
  • Kemudian oleskan minyak kelapa ke gigi anda hingga rata
  • Biarkan hingga 10 menit lalu ludahkan minyak kelapa dari mulut anda
  • Kumur hingga bersih lalu sikat gigi anda agar semakin bersih


9. Gunakan hidrogen peroxida
Tahukah anda apa itu hidrogen proxida? Dalam dunia kesehatan bisa disebutkan sebagais ebuah senyawa kimia yang dapat di pakai untuk memutihkan gigi. Terkadang senyawa hidrogen peroxide di gunakan untuk produk pemutih makanan serta mampu memudarkan noda pada gigi di lain waktu.

Hidrogen peroxida banyak di jual di toko bahan kimia serta di apotek terdekat. Tips untuk menggunakan hidrogen peroxide untuk memutihkan gigi terbilang ampuh dan cepat. Nah ketika anda membelinya jangan lupa untuk mencari yang memiliki label food grade. Karena dengan label tersebut, hidrogen peroxide aman di gunakan atau di konsumsi. Cara pemakainnya cukup muda, berikut ulasannya:

  • Ambil hidrogen peroksida dengan takaran seujung sendok
  • Larutkan pada segelas air, kemudian gunakan berkumur larutan tersebut
  • Selain itu anda juga dapat menggunakan hidrogen peroksida sebagai pasta gigi yang di campurkan dengan baking soda.
  • Untuk hasil yang maksimal dan baik untuk kesehatan gigi, anda bisa menggunakan hidrogen peroxida satu bulan sekali. Untuk pemakaian yang berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan gigi dan dapat merusak gigi, untuk itu batasi dan ikuti aturan penggunaanya.


10. Arang kayu


Jarang sekali orang kurang mengetahui bahwa arang kayu memiliki manfaat besar seperti ampuh dalam memutihkan gigi dengan cepat dan sehat. Wajar saja jika kita lihat arang kayu yang hitam dan tidak mungkin bisa di gunakan untuk membersihkan serta menghilangkan noda yang ada pada gigi serta memutihkan gigi kuning menjadi putih alami.

Senyawa karbon pada arang gigi mampu mengikis noda pada enamel gigi. Untuk menerapkan arang kayu sebagai bahan herbal pemutih gigi bisa anda simak berikuti ini, tips dan cara memutihkan gigi menggunakan arang kayu:

  • Siapkan arang kayu lalu tumbuk hingga halus menjadi bubuk
  • Campurkan bubuk arang kayu yang telah halus pada sedikit air
  • Buatlah pasta campuran tersebut lalu oleskan pada gigi
  • Diamkan beberapa menit lalu kumur dengan air hangat
  • Setelah itu anda bisa melihat perubahan hasilnya
  • Agar lapisan pelindung gigi anda terjaga dan tidak mengalami sensitive, sebaiknya terapkan cara di atas dua kali dalam sebulan.


11. Mengunyah sayuran mentah
Dari bebrapa motode dan cara alami untuk memutihkan gigi di atas ternyata mengunyah sayuran mentah juga ampuh membuat gigi menjadi putih. Sayuran mentah seperti tomat dan wortel sangat membantu dalam menghilangkan nida pada gigi serta xat dan vitamin di dalamnya juga efektif dalam mencerahkan gigi kuning menjadi putih kembali.

Hanya dengan menguyah sayuran mentah selama beberapa menit dalam sehari satu kali anda sudah bisa mendapatkan gigi putih bersinar. Memang efek gigi putih tidak secapat seperti bahan lainnya, namun cara ini sangat mudah di terapkan dan sangat alami.

12. Apel


Buah apel mengandung berbagai vitamin dan zat alami yang bisa kita manfaatkan untuk memutihkan gigi. cukup dengan menguyah apel setiap hari secara rutin, gigi anda akan putih alami serta dapat menguatkan gusi gigi. Selain itu kandungan yang terdapat pada buah apel mampu meningkatkan produksi air liur yang dimana air liur tersebut sangat berberan penting untuk membunuh bakteri pada mulut sehingga mulut tidak akan menjadi bau serta menghindari kerusakan gigi. Kandungan senyawa asam dan serat pada buah apel sangat efektif dalam menghilangkan plak dan noda kuning yang terdapat pada gigi.

13. Minyak Cengkeh
khasiat minyak cengkeh sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi serta salah satu obat untuk memutihkan gigi secara alami. Cengkeh mengnadung minyak astiri, vanillin, asam oleanolat, eugenin dan asa galatnat yang dimana semua unsur tersebut ampuh dalam memutihkan serta menghilangkan noda pada enamel gigi.

Cara mudah dan alami untuk memutihkan gigi dengan minyak cengkeh yaitu cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gigi. Oleskan secara meratapada gigi, kemudian gosok dengan menggunakan sikat gigi. Apabila proses menggososk gigi dengan minyak cengkeh sudah selelsai, bersihkan mulut anda dengan berkumur.

Tips dan Cara Mencegah Gigi Menjadi Kuning


Pastinya anda tidak ingin memiliki gigi kuning serta tidak sehat. Banyak efek buruk apabila kesehatan gigi tidak di jaga dengan baik seperti gigi menjadi rusak, terjadinya kerak gigi dan berwarna kuning. Dengan hal hal tersebut anda pasti tidak akan nyaman serta rasa percaya diri juga ikut menurun. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga gigi tetap bersih, sehat dan putih. Berikut beberapa tips beserta cara untuk mencegah gigi supaya tetap sehat dan tidak menjadi kuning.

1. Menyikat gigi dengan rutin
Rutin menyikat gigi merupakan salah satu cara ampuh dalam mencegah gigi kuning serta menjaga gigi tetap sehat dan putih berseri. Apabila anda malas menggosok gigi maka bukan tidak mungkin jika gigi anda akan berwarna kuning serta menjadi rusak. Nah tips untuk anda yang memiliki gigi putih sehat atau gigi kuning rajinlah menggosok gigi dua kali dalam sehari agar gigi anda tetap sehat dan terawatt.

Manfaat gosok gigi selain membersihkan mulut dari sisa makan dan bakteri yang ada pada mulut juga membantu kita dalam mengembalikan warna gigi menjadi putih alami. Untuk pemilihan pasta bisa anda sesuaikan sendiri sesuai selera dan kecocokan terhada gigi anda. Memang terkadang ada produk pasta gigi yang membuat gigi dan gusi menjadi sensitif, maka dari itu sesuaikan sendiri.

Hal penting lainnya yaitu pemilihan sikat gigi yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Pilihlah sikat gigi yang sesuai untuk gigi anda dengan bulu yang halus agar nantinya tidak merusak dan melukai gusi anda.

2. Memanfaatkan sedotan
Pasti banyak orang tidak akan menyangka jika sedotan dapat di manfaatkan untuk mencegah gigi menjadi kuning. Sedotan bisa kita pakai untuk meminum minuman yang memiliki kandungan warna yang bisa mengakibatkan gigi menjadi kuning s erta menjaga suhu pada minuman tidak bentrok dengan gigi. Beberapa minuman yang memiliki pengaruh terhadapat warna gigi seperi kopi, teh dan minuman lainnya bisa anda minum dengan menggunakan sedotan.

Cara efektif mencegah gigi menjajdi kuning dengan sedotan sangat bermanfaat pada enamel gigi yang dimana zat yang terkandung di dalam minuman tidak langsung mengenai gigi. Apabila kita meminumnya secara langsung maka dapat menyebabkan zat dan warna minuman mengendap pada gigi sehingga akan menimbulkan noda pada enamel gigi dan apabila di biarkan akan membuat gigi anda menjadi kuning.

3. Minum susu untuk gigi tetap putih berkilau
Cara cepat memutihkan dan merawat gigi agar tetap putih dan sehat yaitu bisa anda lakukan dengan mengkonsumis susu steril. Produk susu murni dan alami serta tanpa pewarna sangat baik untuk menjaga gigi tetap putih dan mecag terjadinya gigi berwarna kuning. Kandungan kalsium dan warna alami pada susu dangat bermanfaat untuk membuat gigi tetap sehat, kuat dan putih alami.

Setiap hari gigi kita tidak jauh dari noda yang menmpel pada gigi sehingga harus rajin dalam menjaga gigi tetap bersih agar tidak kuning. Zat warna yang ada di dalam susu dangat baik untuk menghilangkan noda pada gigi serta mampu mengembalikan warna alami gigi. Untuk pemilihan susu yang tetap sebaiknya cari susu alami yang tanpa zat adiktif serta konsumsi secara rutin setiap hari sebanyak dua kali.

Tips meminum susu agar gigi anda tetap sehat putih dan tidak kuning yang bisa anda terapkan yaitu konsumsi susu dalam keadaan hangat. Jangan pernah meminum susu yang masih panas atau dingin karena dapat merusak lapiasan enamel serta warna gigi. Untuk hasil yang maksimal agar nantinya gigi anda tetap putih, terapkan cara tersebut ketika memilih dan meminum susu.

4. Hindari mengkonsumsi alcohol dan merokok
Bahaya merokok untuk kesehatan sudah banyak di ketahui orang. Bahkan rokok juga sangat berbahaya untuk kesehatan gigi. zat nikotin yang berasal dari rokok dapat menempel pada lapisan enamel gigi dan jika di biarkan akan terus mengalami perubahan warna kuning pada gigi.

Selain rokok, minuman berakohol juga dapat menimbulkan gigi menjadi kuning. Minuman lakohol seperti bird an anggur jika di konsumsi sangat merugikan kesehatan salah satunya yaitu kesehatan gigi. apabila gigi sudah berubah menjadi kuning akan sulit di hilangkan, oleh sebab itu hindari sejauh mungkin merokok dan meminum minuman berakohol agar gigi tetap putih dan kesehatan juga tetap baik.

Apakah Penyebab Gigi Menjadi Kuning?

Berbagai faktor hal yang menyebabkan gigi menjadi kuning bisa kita ketahui pada ulasan terakhir disini. Sebenarnya gigi kita dari kecil ketika anak anak berwarna putih, namun seiring waktu hingga tumbuh dewasa perubahan warna gigi mulai terjadi dan hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor.

Dalam ilmu kesehatan dan biologi, warna gigi putih berasal dari warna lapisan transparan enamel gigi dan warna lapisan dentin. Diantara kedua lapisan merupakan warna putih gigi. Mengapa gigi bisa menjadi kuning? Salah satu pertanyaan yang aka saya ulas pada kesempatan kali ini. Terjadinya perubahan warna pada gigi dari putih menjadi kuning di sebabkan oleh noda yang menempel pada enamel gigi. noda tersebut bisa berasal dari faktor dalam maupun faktor luar, berikut ulasan lengkapnya:

1. Faktor luar penyebab gigi kuning
Beberapa hal yang menyebabkan gigi kuning dari luar yaitu makanan, alcohol dan rokok. Makanan yang kita konsumsi sebaiknya di jaga dengan baik dan tidak keterlaluan waktu mengkonsumsinya. Selain itu setiap habis mengkonsumsi makanan sebaiknya selalu berkumur agar kesehatan dan warna gigi terjaga.

2. Faktor dalam penyebab gigi kuning
Banyak masalah kesehatan dari dalam yang kerap kali di hadapi oleh gigi sehingga membuat warna gigi menjadi kuning serta rusak. Salah satu penyebab seperti konsumsi obat obatan yang berlebihan serta jenis obat obatan tertentu yang dapat merusak enamel gigi. Oleh karena itu tips merawat gigi tetap putih dan sehat yaitu dengan gaya hidup sehat tanpa menggunakan obat obatan yang berbahaya bagi kesehatan anggota tubuh lainnya.

Demikian ulasan mengenai cara memutihkan gigi yang terbukti ampuh dan cepat dengan mengunakan bahan alami yang mudah kita temukan. Terimakasih telah mengunjungi blog ini dan semoga bermanfaat, salam klinikskesehatan.