14+ Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Terbukti Ampuh

Bagaimana cara menghilangkan jerawat? masalah kulit berjerawat kerap kali di hadapi oleh banyak orang dari usia muda hingga orang dewasa. Namun pada dasarnya jerawat sering muncul karena di sebabkan oleh berbagai faktor dari dalam dan luar. Cukup banyak dari kalangan remaja hingga orang tua yang mengalami masalah kulit wajah berjerawat. Namun anda tidak perlu khawatir, kini anda bisa mengatasi jerawat dengan mudah dan cepat dengan resep yang akan saya ulas pada artikel kali ini.

Bagi sebagian orang pasti kesal memiliki masalah dengan kulit wajah yang berjerawat. Selain membuat kita tidak nyaman juga menurunkan rasa percaya diri. Bahkan bagi anak muda, jerawat menjadi momok yang menakutkan karena dapat mengganggu mereka dalam kegiatan sehari hari.
Dalam istilah medis, jerawat merupakan sebuah benjolan yang muncul karena terjadinya penyumbatan pori pori kulit. Terjadinya peradangan pada kulit tersebut hingga menyebabkan munculnya nanah dan darah. Munculnya jerawat di sebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi seperti gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, hormone pada tubuh tidak seimbang, karena terinfeksi bakteri, kulit wajah yang selalu berminyak dan masih banyak lagi.

Cara menghilangkan jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami


Berbagai macam cara untuk menghilangkan jerawat kini mudah kita ketahui dan kerap kali di terapkan oleh banyak orang. Mulai dari memanfaatkan bahan-bahan alami hingga menggunakan bahan kecantikan untuk menghilangkan jerawat.

Solusi tepat untuk mengatasi masalah jerawat kali ini yaitu dengan meggunakan metode dari bahan herbal yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Berikut tips yang bisa anda coba agar permasalahan jerawat yang anda alami segera hilang dan tidak muncul kembali.

1. Lemon


Tips alami menghilangkan jerawat kali ini menggunakan lemon yang sudah terbukti ampuh dan sudah banyak yang mencobanya. Kandungan zat pada lemon sangat berberan aktif dalam mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah yang berjerawat. Selain itu lemon juga mampu membersihkan pori-pori wajah yang terseumbat. Lemon sendiri juga sudah banyak di kenal sebagai masker alami untuk memutihkan wajah secara alami. Berikut ulasan tentang cara menggunakan lemon untuk wajah yang berjerawat:

  1. Ambil satu buah lemon
  2. Potong lemon menjadi dua bagian dan peras hingga keluar airnya
  3. Kemudian oleskan air lemon ke wajah
  4. Biarkan dulu hingga 15 menit
  5. Setelah waktu sudah cukup bilas wajah anda dengan air dingin
  6. Jangan lupa keringan wajah dengan handuk
  7. Untuk mengatasi masalah jerawat membandel, terapkan cara di atas sehari satu kali agar hasilnya maksimal.

2. Ketimun


Buah ketimun merupakan buah yang kaya akan manfaat dan memiliki banyak sekali kandungan. Mentimun merupakan salah satu obat jerawat alami yang cukup populer di masayarakat dan sudah terbukti ampuh. Manfaat ketimun selain berkhasiat untuk membersihkan jerawat juga mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta sangat efektif dalam melembabkan kulit. Berikut cara penerapannya:

  1. Ambil ketimun lalu potong tipis-tipis
  2. Setelah itu taruh pada wajah yang berjerawat
  3. Diamkan selama 15 menit agar meresap ke poro-pori kulit
  4. Kemudian bilas wajah anda dengan air hangat hingga bersih
  5. Selain cara di atas anda juga bisa membuat jus ketimun yang di kombinasikan dengan jeruk nipis.
  6. Lakukan prosedur diatas agar hasilnya sempurna dan jerawat membandel akan hilang permanen.

3. Madu

Madu memiliki kandungan antiseptik yang mampu membunuh bakteri serta berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit wajah akibat jerawat. Bahkan dari jaman dahulu banyak orang yang sudah menggunakan madu untuk obat alami perawatan kecantikan.

Khasiat madu dalam ilmu kesehatan yaitu sangat efektif dalam mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat baru. Cara menghilangkan jerawat dengan madu cukup mudah dan sangat cepat, simak berikut ini:

  1. Siapkan madu alami dan ambil beberapa tetes
  2. Oleskan madu pada bagian kulit wajah yang berjerawat dengan kapas
  3. Setelah itu diamkan hingga 45 menit agar madu meresap ke dalam pori-pori
  4. Apabila madu sudah mengering dan lengket, anda bisa membilasnya dengan air dingin
  5. Keringkan dan bersihkan wajah anda
  6. Untuk hasil yang bagus, terapkan cara di atas seminggu 3 kali agar jerawat cepat menghilang

4. Es Batu

Khasiat es batu dalam menghilangkan minyak wajah berlebih serta membersihkan kotoran yang menempel pada kulit sudah teruji. Dalam menghilangkan jerawat, es batu berberan aktif dan merupakan bahan alami yang kerap di pakai oleh banyak orang. Selain untuk masalah jerawat, es batu juga dapat mengurangi peradangan akibat jerawat serta mampu menenangkan kulit.

  1. Siapkan es batu, usahkan agar es batu terbuat dari bahan yang steril
  2. Bungkus es batu dengan kain bersih, secukupnya saja
  3. Oleskan pelan pelan atau juga bisa anda diamkan pada wajah yang berjerawat
  4. Diamkan beberapa detik hingga rasa dingin terasa
  5. Anda dapat mengulangi proses tersebut beberapa kali pada area wajah yang berjerawat
  6. Terapkan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal

5. Masker Alpukat dan Madu


Buah alpukat dan madu merupakan perpaduan bahan alami untuk mengatasi masalh jerawat membandel agar cepat hilang. Kandungan pada alpukat dapat berfungsi untuk menembus pori-pori ulit serta mampu mengurangi peradangan. Sedangkan madu mengandung zat aktif yang mampu membunuh bakteri.

  1. Siapkan kedua bahan
  2. Ambil daging buah alpukat
  3. Haluskan daging buah alpukat yang sudah anda masukan pada wadah
  4. Tuangkan satu sendok madu pada wadah tersebut dan aduk hingga rata
  5. Anda juga bisa menambah perasan lemon jika punya
  6. Setelah itu aplikasikan langsung masker tersebut ke wajah yang berjerawat
  7. Diamkan hingga 15 menit lalu bersihkan wajah anda

6. Baking Soda
Khasiat dan kegunaan baking soda untuk menetralkan keasamankulit serta membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat memang terbukti ampuh. Selain itu baking soda juga dapat menyerap minyak berlebih pada kulit dan mengikis sel kulit mati. Baking soda juga mampu membersihkan pori-pori kulit sehingga kulit akan bebas dari jerawat. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari baking soda selain untuk mengobati jerawat secara lami juga dapat memutihkan gigi dengan cepat.

Cara memakai baking soda untuk mengobati jerawat yaitu dengan membuat pasta baking soda. Siapkan dua sendok makan baking soda lalu campurkan ke dalam air sebanyak satu sendok makan. Setelah itu oleskan pasta tersebut ke area kulit wajah yang berjerawat. Kemudian biarkan hingga beberapa menit sampai kering dan bilas wajah anda dengan air hangat supaya wajah bersih dan jerawat cepat hilang.

Tips menggunakan baking soda untuk obat herbal jerawat yaitu gunakan sedikit pasta baking soda ke wajah anda. Lalu tunggu reaksi kulit wajah, jika tidak memerah berarti pemakaian bisa anda lanjutkan. Namun jika sebaliknya sebaiknya hentikan karena dapat membuat iritasi pada kulit.

7. Kulit Jeruk


Buah jeruk memang memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun siapa sangka jika kulit jeruk juga memiliki kegunaan dalam mengilangkan jerawat. Kulit jeruk mampu membersihkan pori pori kulit wajah yang jerap kali tersumbat debu serta mampu mengangkat kotoran sel kulit mati akibat bekas jerawat.

  1. Siapkan kulit jeruk yang sudah anda keringkan.
  2. Haluskan kulit jeruk lalu tambahkan dengan air dan aduk hingga rata menjadi pasta
  3. Kemudian oleskan pasta kulit jeruk pada wajah yang berjerawat
  4. Diamkan hingga beberapa menit lalu bilas wajah anda dengan air hangat

8. Cuka Sari Apel

Untuk mengatasi masalah jerawat dapat anda lakukan dengan bahan alami yang satu ini. Cuka sari apel memiliki kandungan asam laktat dan asam malat yang berfungsi mengangkat sel kulit mati bekas jerawat. Selain itu cuka sari apel merupakan antioksidan yang memiliki fungsi mempercepat penyembuhan kulit yang di timbulkan akibat jerawat.

  1. Siapkan 5 ml cuka sari apel lalu campurkan pada 95 ml air
  2. Setelah itu aduk hingga tercampur rata dan oleskan ke wajah yang berjerawat
  3. Gunakan kapas untuk mengoleskan ramuan tadi
  4. Kemudian biarkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat
  5. Agar hasilnya cepat menyembuhkan jerawat membandel, sebaiknya terapkan cara di atas sebelum tidur setiap hari

9. Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh sering kali di gunakan untuk produk kecantikan anti jerawat. Cara mengatasi jerawat membandel bisa anda lakukan dengan memanfaatkan minyak pohon teh. Kandungan yang terdapat pada minyak pohon teh sangat baik terhadap kulit wajah dan mempuh mengusir bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

  1. Siapkan 5 ml minyak pohon teh dan 95 ml air
  2. Campurkan kedua bahan dan aduk hingga rata
  3. Oleskan pada area kulit wajah yang berherawat
  4. Gunakan kapas agar tidak membuat jerawat semakin membengkak
  5. Anda bisa menerapkan cara di atas 3 kali dalam sehari untuk hasil maksimal
  6. Untuk anda yang alergi terhadap minyak pohon teh sebaiknya jangan mengaplikasikan cara tersebut agar kulit wajah tidak terjadi alergi.

10. Pasta Gigi
Cara menggunakan pasta gigi sebagai obat alami jerawat sangat mudah. Selain untuk menghilangkan jerawat, pasta gigi juga ampuh dalam mencegah iritasi kulit, mengurangi peradangan yang terjadi pada wajah serta dapat mengeringkan wajah agar tidak berminyak.

  1. Siapkan pasta gigi lalu oleskan pada area wajah yang berjerawat
  2. Oelskan langsung pada jerawat dan hindari mengoleskan pasta gigi ke seluruh permukaan wajah
  3. Kemudian biarkan hingga semalaman atau minimal 2 jam
  4. Setelah itu bersihkan wajah anda dnegan air dingin lalu keringkan
  5. Apabila kulit anda sensitive terhadap pasta gigi, sebaiknya hindari penggunaan cara tersebut agar kulit wajah tetap dalam keadaan baik.

11. Putih Telur


Siapa sih yang gak tahu tentang putih telur, kandungan enzim pada putih telur sangat efektif dalam menghancurkan dinding sel bakteri pentebab terjadinya jerawat. Selain itu putih telur juga mampu mengecilkan pori pori kulit wajah serta ampuh dalam mengurangi minyak berlebih yang merupakan salah satu penyebab jerawat. Putih telur juga berkhasiat untuk menghilangkan komedo yang membandel.

  1. Siapkan telur dan ambil putih telur
  2. Kemudian kocok putih telur sampai mengembang
  3. Oleskan ke wajah yang berjerawat dan biarkan hingga mongering
  4. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat

12. Lidah Buaya


Lidah buaya mengandung banyak sekali zat aktif yang bermanfaat untuk mengusir jerawat. Bahan alami pada lidah buaya sangat ampuh mengusir jerawat dan bekasnya. Selain itu bakteri penyebab jerawat akan mati karena zat yang terkandung pada lidah buaya serta mampu menyembuhkan kulit wajah yang berjerawat. Cara menghilangkan jerawat bisa anda lakukan dengan gel lidah buaya, berikut ulasannya:

  1. Siapkan lidah buaya dan potong-potong menjadi beberapa bagian
  2. Ambil gel lidah buaya dan masukan kedalam wadah
  3. Haluskan gel lidah buaya untuk di jadikan masker
  4. Oleskan masker gel lidah buaya ke area kulit yang berjerawat
  5. Kemudian biarkan hingga kering sekitar 5 menit
  6. Bilas wajah anda dengan air dingin

13. Pepaya


Cara mengobati jerawat dengan papaya sudah banyak di terapkan banyak orang. Fungsi pada kandungan papaya bermanfaat untuk mengikis sel kulit mati serta dapat mencerahkan kulit wajah. Selain itu papaya juga ampuh dalam mengatasi kulit kemerahan yang disebabkan oleh jerawat serta efektif mencegah peradangan kulit.

  1. Siapkan papaya dan cuci lalu potong menjadi beberapa bagian
  2. Haluskan daging papaya hingga menjadi bubur
  3. Anda bisa menambahkan satus endok lemon dan madu jika ada
  4. Oleskan masker papaya ke area kulit yang berjerawat
  5. Setelah itu diamkan hingga 10 menit agar mongering
  6. Bersihkan wajah anda dengan membilasnya dengan air hangat

14. Bawang Putih
Kandungan senyawa aktif pada bawang putih sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit dan menjadi atioksidan untuk membuat tubuh menjadi kebal terhadap bakteri. Selain itu bawang putih juga efektif sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan menangkal bakteri penyebab jerawat.

  1. Haluskan beberapa bawang putih lalu tinggal oleskan pada jerawat di kulit wajah
  2. Diamkan hingga beberapa menit sampai kering, lalu bilas dengan air hangat
  3. Cara lain bisa anda aplikasikan dengan bawang putih yaitu campurkan cuka sari apel pada bawang putih yang sudah di haluskan lalu oleskan ke wajah berjerawat

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat


Dari beberapa cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami diatas agar hasilnya sempurna maka anda juga harus memperhatikan hal-hal yang menyebabkan jerawat serta cara menanganinya. Berikut ini tips mencegah agar jerawat agar tidak meuncul kembali bisa anda aplikasikan sehari-hari:

1. Rajin membersihkan kulit wajah
Dalam kehidupan sehari hari banyak hal serta kegiatan yang kita lakukan sehingga kita sering lupa untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Nah bagi anda yang berjerawat sebaiknya selalu merawat dan membersihkan wajah anda agar tetap bersih dan tidak berminyak. Apabila anda jarang memperhatikan kebersihan wajah, kotoran dan debu akan menempel pada kulit sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Rajin berolahraga
Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berolahraga. Dengan aktif dan rutin berolahraga setiap hari maka hormon dalam tubuh akan seimbang dan dapat mengurangi resiko stress yang berlebihan. Hal tersebut sangat membantu anda dalam mengurangi timbulnya jerawat. Selain itu anda juga bisa mandi air hangat ketika habis olahraga, dengan mandi memakai air hangat keringat pada tubuh serta minyak yang ada pada kulit wajah akan hilang dan jerawat akan jauh dari anda. Tidak hanya soal wajah berjerawat, bahkan olahraga juga sangat efektif membantu anda dalam urusan menurunkan berat badan dengan cepat dan alami.

3. Pola makan sehat dan tepat
Menu makanan sehat, tepat dan seimbang sangat baik untuk kesehatan tubuh serta mampu menjaga kulit tetap sehat. Dengan mengkonsumsi sayuran dan buah sangat baik untuk menjaga tubuh dari racun yang dalam menimbulkan jerawat. Hindari makanan yang mengandung lemak tidak baik, makanan yang berminyak serta minuman yang mengandung kafein.

4. Hindari menyentuh jerawat
Apabila wajah sedang berjerawat sebaiknya hindari untuk menyentunya apalagi untuk memencetnya karena dapat membuat jerawat semakin para dan mengakibatkan iritasi kulit. Selain itu hal buruk lain dapat menimbulkan bekas jerawat yang pastinya akan sulit di hilangkan. Maka dari itu hindari kebiasaan buruk untuk menyentuh jerawat yang anda alami
Jika wajah anda sedang berjerawat, jangan pernah menyentuh wajah dengan tangan kotor apalagi memencetnya. Memencet jerawat dapat memperparah kondisi kulit dan menimbulkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

5. Hindari pemakain produk kecantikan yang tidak aman
Banyak sekali produk kecantikan yang kini kian marak meredar namun tidak memiliki ijin BPOM. Oleh sebab itu sebaiknya anda mencari prodak kecantikan yang aman dan sudah teruji. Selain itu anda harus menghindari pemakaian make up yang berlebihan dan gunakan make up sewajarnya saja.

Cara menghilangkan jerawat dengan menghindari berbagai penyebabnya dapat juga anda terapkan dalam kehidupan sehari hari. Banyak sekali faktor pemicu timbulnya jerawat dan salah satunya dari konsumsi makanan yang tidak tepat. Berikut beberapa makanan yang harus anda hindari saat mengobati dan menyembuhkan jerawat di wajah.

Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung susu dan coklat, makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi serta beberapa minuman  yang mengandung kafein dan alkohol wajib anda hindari sejauh mungkin.

Dari beberapa tips dan cara menghilangkan jerawat di atas dapat anda aplikasikan dirumah dan semoga jerawat anda lekas sembuh. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi wajah anda agar tetap sehat dan bersih. Selain itu hindari produk kecantikan yang tidak baik serta jaga gaya hidup dan pola makan sehat agar jerawat jauh dari anda. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini dan semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk anda semua.